BAB II
PEMBAHASAN
A.
Bekerja
dengan Formula
Formula
adalah rangkaian nilai, referensi sel, fungsi-fungsi, atau operator hitung yang
dipadukan untuk menghasilkan nilai baru kedalam sel. Formula selalu diawali
dengan simbol sama dengan (=). Sedangkan tempat untuk menuliskan rangkaian
formula dinamakan formula bar.
Ø Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian,
Pembagian, Perpangkatan Pada Formula Bar
Hasil
perhitungan denggan menggunakan formula bar.
B.
Menggunakan
Autosum
Fungsi-fungsi
yang terdapat pada Autosum adalah fungsi-fungsi yang sering dan banyak
digunakan untuk keperluan perhitungan. Fungsi-fungsi tersebut sebenarnya adalah
fungsi-fungsi yang diambil dari kategori statistika dan matematika. Karena
sering dipakai itulah maka di buatkan kategoriAutosum, sehingga akan muncul
beberapa menu pilihan seprti gambar dibawah berikut.
·
Sum, digunakan untuk
melakukan penjumlahan dalam suatu range.
·
Average, untuk
menghitung rata-rata dalam suatu range.
·
Count Numbers, untuk
menghitung jumlah datta dalam suatu range.
·
Max, untuk mencari
nilai maksimal dalam suatu range.
·
Min, untuk mencari
nilai minimal dalam suatu range.
Jika data yang dihitung berada tepat
diatas atau di sebelah kiiri dari posisi sel yang aktif (sel yang digunakan
untuk penempatan hasil perhitungan), maka hanya cukup menyeleksi rangkaian sel
yang ingin di hitung. Kemudian memilih jenis fungsi yang di inginkan pada
autosom. Secara otomatis akan muncul nilaii yang diinginkan.
Selain
itu, kita juga dapat mengaktifkan sel yang akan digunakan untuk memasukkan
hasilnya, kemudian pilih fungsi yang diinginkan. Sehingga akan muncul formula
seperti yang terlihat pada gambar berikut.
Pada gambar tersebut diperlihatkan
formula =SUM(A2:D2), artinya penjumlahan akan dilakukan pada sel A2 sampai pada
sel D2. Selanjutnya tekan enter untuk melihat hasilnya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini diperlihatkan contoh
penggunaan fungsi-funggsi yang terdapat pada Autosum beserta dengan formulanya.
Fungsi
|
FORMULA
|
Jumlah
|
=SUM(F6:F15)
|
Rata-rata
|
=AVERAGE(F6:F15)
|
Jumlah siswa
|
=COUNT(F6:F15)
|
Nilai Tertinggi
|
=MAX(F6:F15)
|
Nilai Terendah
|
=MIN(F6:F15)
|
Ø UntukPenjumlahan (tambah)
yaitumenggunakan formula “SUM” dantanda “+”
Denganrumus
=sum(nama Field1+nama Field2) kemudian Enter
CONTOH :
Ø UntukPenjumlahan (kurang)
yaitumenggunakan formula “SUM” dantanda “-”
Denganrumus
=sum(nama Field1-nama Field2) kemudian Enter
Contoh :
Ø Untukmencarinilai rata-rata
yaitumengggunakan formula “average”
denganrumus =average(blog pada field ataucolom yang ingin di cari rata –ratanya)
kemudiantekan Enter
CONTOH:
Ø UntukPenjumlahan (bagi)
yaitumenggunakan formula “SUM” dantanda “/”
Denganrumus
=sum(nama Field1/nama Field2) kemudian Enter
CONTOH :
Ø UntukMencariNilaitertinggiyaitudenganmenggunakan
formula “Max” denganrumus
=max(blog pada field ataukolom yang ingin di carinilaitertingginya)
kemudiantekan Enter
CONTOH :
Ø Untukmencarinilaiterendahyaitudenganmenggunakan
formula “Min” denganrumus =min(blog field ataucolom yang
ingindicarinilaiterkecilnya)
kemudiantekan enter
CONTOH :
Ø Untukmengambilbeberapakarakterdarisebelahkananpadasebuah
kata yaitumenggunakan formula “right” denganrumus =right(nama field,
jumlahkarakter yang ingin di ambil)
kemudiantekan Enter
CONTOH :
Ø Untukmengambilbeberapakarakterdarisebelahkiripadasebuah
kata yaitumenggunakan formula “left” denganrumus
=left(nama field, jumlahkarakter yang ingin di ambil)
kemudiantekanEnter
CONTOH:
C.
Menggunakan Fungsi
Logika (IF)
Fungsi
logika digunakan untuk membandingkan dua atau lebih argumen untuk menghasilkan
nilai True atau False.
Bentuk
penulisan fungsi logika seperti berikut:
IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
·
Logical_test, nilai
atau ekapresi yang dipakai untuk mengevaluasi benar atau salah.
·
Value_if_true, nilai
yang dihasilkan jika hasil evaluasi benar.
·
Value_if_, nilai yang
dihasilkan jika hasil evaluasi salah.
Contoh :
D.
Menggunakan Fungsi
VLOOKUP
fungsi VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal atau
vertikal. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :
=VLOOKUP (Lookup_value, Table_array, Col_index_num,...)
E. Konversi dari Angka ke Huruf pada
Microsoft Excel
Konversi angka ke huruf pada umumnya
digunakan pada penulisan kwitansi. Fungsi yang digunakan agar dapat melakukan
konversi dari angka ke huruf pada Microsoft Excel adalah fungsi TERBILANG,
dengan menggunakan fungsi ini tulisan angka akan diubah menjadi sebuah kalimat.
Dengan demikian anda sebagai pengguna komputer tanpa perlu repot – repot untuk
mengetiknya secara manual. Selain itu pada fungsi ini dilengkapi dengan 4 style
beserta satuan yang dapat anda definisikan sendiri. Berikut langkah – langkah
membuat fungsi terbilang :
Note
: penulis disini menggunakan Microsoft Office 2007 jika pembaca menggunakan
Microsoft Office versi lain kemungkinan perlu ada settingan yang sedikit
berbeda.
Cara Pertama : Membuat AddIns
sendiri
1. Buka aplikasi Microsoft Excel 2007
2. Masuk pada Excel Options (Alt+F+I)
3. Pilih tab Popular
4. Centang Cheklist “Show Developer tab in the Ribbon” lalu klik
OK
5. Pada tab Ribbon (baris menu
diatas) klik Developer lalu klik Visual Basic (Alt+L+V atau Alt+F11)
6. Pada Menu Bar pilih Insert lalu klik Module (Alt+I+M)
8. Simpan
kode tersebut (Ctrl+S)
9. Pada jendela Save as beri
nama file sesuka anda lalu dan Save as type : Excel Add-In
10. Langkah selanjutnya masuk pada Excel Options lagi (Alt+F+I)
11. Pilih tab Add-Ins lalu klik Go12. Pilih file yang anda buat tadi lalu klik OK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar