Senin, 17 Juni 2013

Pengolahan Data Audio

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Software komputer menjadi bagian yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan menggunakan komputer. Software office membantu kita mengerjakan pekerjaan kantor yang berhubungan dengan dokumen pengolah kata, software grafis membantu kita mengerjakan pekerjaan – pekerjaan olah gambar, ataupun software multimedia yang membantu kita mengerjakan pekerjaan olah multimedia. Saat ini sangat banyak software yang beredar dimasyarakat baik yang gratis maupun berbayar. Dalam menentukan software mana yang akan kita pakai. Berbagai jenis software dapat kita peroleh sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita bisa mendapatkan software pengolah kata seperti Microsoft Office, Wordpad, Open Office Writer, Corel Wordprefect untuk kebutuhan menulis. Atau juga Photoshop, Coreldraw, Adobe Freehand, Adobe Ilustrator, untuk desain gambar. Juga bisa menggunakan Autocad, SAP, Autodesk Revit Architecture untuk desain rumah atau bangunan.
Selain itu banyak lagi jenis software lain yang bisa kita temukan di artikel software computer seperti software untuk memutar atau membuat file multimedia, software untuk menghitung, software pengenal wajah, dan software-software lainnya.dapat kita peroleh sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita bisa mendapatkan software pengolah kata seperti Microsoft Office, Wordpad, Open Office Writer, Corel Wordprefect untuk kebutuhan menulis.Software yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya computer elektrik yang menerapkan system aljabar boolean

“PENGOLAHAN DATA AUDIO”

1.      CUT DATA AUDIO
Ø  MP3 CUTTER PLUS
MP3 Cutter Plus merupakan sebuah software gratis yang bisa digunakan untuk memotong file musik berekstensi .mp3. Software ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat nada dering atau ringstone HP dengan lagu pilihan Anda, misalnya hanya mengambil reff-nya saja.
Kualitas suara atau hasil output dari MP3 Catter Plus sebagaimana yang dituturkan oleh pembuatnya yiatu kualitas suaranya sebagus aslinya. Selain itu, pengoperasian MP3 Cutter Plus terbilangan sangat mudah, tidak diperlukan keahlian khusus bagi para penggunanya.
Namun jika Anda masih bingung cara memotong musik MP3 menggunakan MP3 Cutter Plus, silakan ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini.
  • Buka file MP3 anda dengan menekan tombol Open
  • Jalankan file MP3 anda dengan menekan tombol Play
  • Tandai awal lagu yang anda potong dengan menekan tombol Mark Start, dan akhiri dengan Mark End
  • Jika file yang anda potong sudah ditandai anda tinggal menekan tombol Save untuk menyimpannya
  • File MP3 anda sudah terpotong dan siap anda gunakan

2.      KONVERSI DATA

Ø  FORMAT FACTORY

Format factory adalah software converter yang sangat multi fungsi. Format factory bisa merubah file :

         Video: MP4/3GP/MPG/AVI/WMV/FLV/SWF
         Audio :MP3/WMA/AMR/OGG/AAC/WAV
         Gambar :JPG / BMP / PNG / TIF / ICO / GIF / TGA.
         Rip DVD ke file video, Rip CD musik ke file audio
         File MP4 yang mendukung iPod / iPhone / PSP / BlackBerry format
         Mendukung RMVB, Watermark, AV Mux.

Jadi dengan format factory ini anda bisa merubah banyak sekali format file dengan mudah.

Fitur utama Format Factory :
1.      Dukungan populer mengkonversi semua video, audio, format gambar .
2.      Perbaikan kerusakan video dan file audio.
3.      Mengurangi ukuran file Multimedia.
4.      Dukungan iphone, ipod multimedia format file.
5.      Mendukung konversi gambar baik Zoom, Rotate / Flip, tags.
6.      DVD Ripper.


  
Software ini dapat kita jadikan untuk merubah suatu format file, contohnya dari MP3 menjadi AMR. Dari AMR menjadi MP2. Merubah format file sangatlah dibutuhkan, mengingat tidak semua format file mempunyai keunggulan secara keseluruhan.
1. Buka software tersebut dan mulailah mencari format yang anda ingin ganti. Misalnya kita mempunyai 1 audio yang berformatkan MP3, kita ingin menggantinya ke bentuk AMR. Maka kita akan memilih bentuk AMR
2. Setelah memilih AMR, maka akan muncul kotak untuk mengambil file yang akan anda rubah. Silahkan cari file anda, disini saya mencontohkan audio yang berformatkan MP3. Silahkan pilih Add File , kemudian cari file anda. Setelah itu silahkan pilih OK.
3. Sekarang silahkan anda pilih Start , dan secara otomatis proses akan berjalan, tunggulah beberapa saat.
4. Jika sudah selesai, maka akan ada bacaan Completed, sekarang ambil file dengan cara klik kanan mouse pada file tersebut, kemudian pilih Open Output Folder.


DAFTAR PUSTAKA

eritristiyanto.wordpress.com/2010/02/27/cara-mudah-memotong-mp3-mp3-cutter-plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar