Selasa, 18 Juni 2013

Bekerja Dengan Formula

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Bekerja dengan Formula
Formula adalah rangkaian nilai, referensi sel, fungsi-fungsi, atau operator hitung yang dipadukan untuk menghasilkan nilai baru kedalam sel. Formula selalu diawali dengan simbol sama dengan (=). Sedangkan tempat untuk menuliskan rangkaian formula dinamakan formula bar.
Ø  Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian, Perpangkatan Pada Formula Bar

Hasil perhitungan denggan menggunakan formula bar.

B.     Menggunakan Autosum
Fungsi-fungsi yang terdapat pada Autosum adalah fungsi-fungsi yang sering dan banyak digunakan untuk keperluan perhitungan. Fungsi-fungsi tersebut sebenarnya adalah fungsi-fungsi yang diambil dari kategori statistika dan matematika. Karena sering dipakai itulah maka di buatkan kategoriAutosum, sehingga akan muncul beberapa menu pilihan seprti gambar dibawah berikut.
·         Sum, digunakan untuk melakukan penjumlahan dalam suatu range.
·         Average, untuk menghitung rata-rata dalam suatu range.
·         Count Numbers, untuk menghitung jumlah datta dalam suatu range.
·         Max, untuk mencari nilai maksimal dalam suatu range.
·         Min, untuk mencari nilai minimal dalam suatu range.
            Jika data yang dihitung berada tepat diatas atau di sebelah kiiri dari posisi sel yang aktif (sel yang digunakan untuk penempatan hasil perhitungan), maka hanya cukup menyeleksi rangkaian sel yang ingin di hitung. Kemudian memilih jenis fungsi yang di inginkan pada autosom. Secara otomatis akan muncul nilaii yang diinginkan.
Selain itu, kita juga dapat mengaktifkan sel yang akan digunakan untuk memasukkan hasilnya, kemudian pilih fungsi yang diinginkan. Sehingga akan muncul formula seperti yang terlihat pada gambar berikut.
            Pada gambar tersebut diperlihatkan formula =SUM(A2:D2), artinya penjumlahan akan dilakukan pada sel A2 sampai pada sel D2. Selanjutnya tekan enter untuk melihat hasilnya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini diperlihatkan contoh penggunaan fungsi-funggsi yang terdapat pada Autosum beserta dengan formulanya.

Fungsi
FORMULA
Jumlah
=SUM(F6:F15)
Rata-rata
=AVERAGE(F6:F15)
Jumlah siswa
=COUNT(F6:F15)
Nilai Tertinggi
=MAX(F6:F15)
Nilai Terendah
=MIN(F6:F15)

Ø  UntukPenjumlahan (tambah)
yaitumenggunakan formula “SUM” dantanda “+”
Denganrumus
=sum(nama Field1+nama Field2) kemudian Enter


CONTOH :
Ø  UntukPenjumlahan (kurang)
yaitumenggunakan formula “SUM” dantanda “-”
Denganrumus
=sum(nama Field1-nama Field2) kemudian Enter

Contoh :
Ø  Untukmencarinilai rata-rata
yaitumengggunakan formula “average”  denganrumus =average(blog pada field ataucolom yang ingin di cari rata –ratanya)
kemudiantekan Enter
CONTOH:

Ø  UntukPenjumlahan (bagi)
yaitumenggunakan formula “SUM” dantanda “/”
Denganrumus
=sum(nama Field1/nama Field2) kemudian Enter

CONTOH :
Ø  UntukMencariNilaitertinggiyaitudenganmenggunakan formula “Max” denganrumus
=max(blog pada field ataukolom yang ingin di carinilaitertingginya)
kemudiantekan Enter
CONTOH :

Ø  Untukmencarinilaiterendahyaitudenganmenggunakan formula “Min” denganrumus =min(blog field ataucolom yang ingindicarinilaiterkecilnya)
kemudiantekan enter
CONTOH : 

Ø  Untukmengambilbeberapakarakterdarisebelahkananpadasebuah kata yaitumenggunakan formula “right” denganrumus =right(nama field, jumlahkarakter yang ingin di ambil)
kemudiantekan Enter
CONTOH :

Ø  Untukmengambilbeberapakarakterdarisebelahkiripadasebuah kata yaitumenggunakan formula “left” denganrumus
=left(nama field, jumlahkarakter yang ingin di ambil)
kemudiantekanEnter

CONTOH:

C.     Menggunakan Fungsi Logika (IF)
Fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua atau lebih argumen untuk menghasilkan nilai True atau False.

Bentuk penulisan fungsi logika seperti berikut:
IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
·         Logical_test, nilai atau ekapresi yang dipakai untuk mengevaluasi benar atau salah.
·         Value_if_true, nilai yang dihasilkan jika hasil evaluasi benar.
·         Value_if_, nilai yang dihasilkan jika hasil evaluasi salah.

Contoh :
D.    Menggunakan Fungsi VLOOKUP
fungsi VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal atau vertikal. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :

=VLOOKUP (Lookup_value, Table_array, Col_index_num,...)
E.     Konversi dari Angka ke Huruf pada Microsoft Excel
Konversi angka ke huruf pada umumnya digunakan pada penulisan kwitansi. Fungsi yang digunakan agar dapat melakukan konversi dari angka ke huruf pada Microsoft Excel adalah fungsi TERBILANG, dengan menggunakan fungsi ini tulisan angka akan diubah menjadi sebuah kalimat. Dengan demikian anda sebagai pengguna komputer tanpa perlu repot – repot untuk mengetiknya secara manual. Selain itu pada fungsi ini dilengkapi dengan 4 style beserta satuan yang dapat anda definisikan sendiri. Berikut langkah – langkah membuat fungsi terbilang :

Note : penulis disini menggunakan Microsoft Office 2007 jika pembaca menggunakan Microsoft Office versi lain kemungkinan perlu ada settingan yang sedikit berbeda.

Cara Pertama : Membuat AddIns sendiri
1. Buka aplikasi Microsoft Excel 2007
2. Masuk pada Excel Options (Alt+F+I)

3. Pilih tab Popular
4. Centang Cheklist “Show Developer tab in the Ribbon” lalu klik OK

5. Pada tab Ribbon (baris menu diatas) klik Developer lalu klik Visual Basic (Alt+L+V atau Alt+F11)
      6. Pada Menu Bar pilih Insert lalu klik Module (Alt+I+M)
      7. Copy kode visual basic berikut (download disini) ke dalam Module yang sudah anda buka 
      8. Simpan kode tersebut (Ctrl+S)
      9. Pada jendela Save as beri nama file sesuka anda lalu dan Save as type : Excel Add-In
    10. Langkah selanjutnya masuk pada Excel Options lagi (Alt+F+I)
    11. Pilih tab Add-Ins lalu klik Go12. Pilih file yang anda buat tadi lalu klik OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar